Kamis, 07 Februari 2013

Ada yang Hilang dari PandanganKu......


Assalammu’alaykum…wr….wb…
Smoga dalam limpahan Rahmat, Hidayah dan Karunia SaudaraKu Sekalian Oleh Sang Pemberi Hidup, dengan bermilyar-milyar kasih sayang-Nya, amiiiinn……..
Salam dan Shalawat smoga terus tercurah dari lisan yang selalu merindukan suara lembut dengan penuh kasih sayangnya, NabiuLLah Muhammad S.A.W, beserta Keluarga dan Sahabat tercinta…….
BasudarahKu Sekalian….
Mohon maaf jika Blog ini sedikit tidak terUpdate, karena mengingat aktivitas Saya juga yang begitu padat dengan urusan akademik di kampus, tapi insya Allah, Saya akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk BasudarahKu Sekalian, smoga ALLAH S.W.T.  Meridhoi…amiinn….
Menyikapi fenomena di Negeri Tamilouw tercinta, kami tidak bisa langsung memberikan suatu pemahaman yang begitu real, mengingat posisi kami yang tidak se-administratif dengan BasudarahKu sekalian yang ada di Tamilouw Tercinta. Tapi kami akan mengulas sedikit tentang hal-hal penting yang kini sedang berlangsung di Tamilouw menurut beberapa info yang kami rangkum dari Basudarah yang berada di Negri Tamilouw sekarang…

Kemana Hilangnya Adat dan Istiadat Negri ??
Basudarahku Sekalian….
Tak bisa dipungkiri lagi, kenyataan yang ada di Negri Tamilouw sekarang adalah hilangnya tatanan adat istiadat yang dulu telah dibangun dengan darah dan airmata oleh ko moyanglu…. Efek yang skarang muncul adalah tidak adanya batasan mengenai wilayah atau ranah berbicara dan bertindak oleh masyarakat yang tidak sefaham dengan system kekerajaan yang berlangsung, haruskah seperti itu??,(“ jika yang tua saja sudah tidak mentaati, lantas bagaimana dengan generasi muda nanti??” halahh..!!!),  pertanyaan yang kemudian muncul, “apakah dulu juga seperti ini??”, tentu saja tidak !!, menurut saya pada saat itu masih berlangsung hukum rimba (siapa kuat dia penguasa), jadi jika ada pembangkang maka dia akan langsung dieksekusi sesuai dengan sanksi adat yang ditetapkan. Sanksi yang paling umum adalah penggal kepala dan cambuk selain diasingkan dari Negri, makanya tidak heran jika masyarakat kala itu sangat taat dan menghormati Raja beserta aturannya, saat bertemu dengan Raja, kepalanya selalu ditundukkan, selalu ada setiap kapanpun saat Raja memerlukan, bahkan pada setiap acara–acara adat, Rajalah yang akan selalu menjadi ikon yang paling ditonjolkan sebagai orang yang paling dihormati dan disegani, itu yang saya tahu tentang system yang berlangsung pada awal berdirinya Negri Tamilouw, sebelum dan sesudah masuknya Ajaran Islam.

Peran Orang Tua-Tua dalam mengawasi Generasi Muda,.
Siapa lagi? Kalau bukan yang lebih tahu… tentu saja yang lebih tahu dan lebih faham adalah yang selalu bergelut dan pernah menjalaninya. Perubahan dan Perkembangan Zaman saat ini ternyata turut mengubah pola fikir dan pola tindak Orang Tua-Tua kita, jujurr…. Bahasa kerennya adalah “Semua karena Uang”. Jika sudah uang, apalagi yang harus diperbuat?,  mudah difahami bukan?? Negara Indonesia di System Pemerintahan Soekarno, Beda dengan Negara Indonesia System Pemerintahan Soeharto maupun Megawati, apalagi era Gus Dur.  Soekarno lebih mengedepankan kepentingan Rakyat di atas sgala-galanya, Soeharto lebih mengutamakan kepentingan Negara di atas kepentingan Rakyat, tentu saja dengan tidak merugikan Dirinya… begitu pula dengan System Pemerintahan yang lainnya…
Basudarah…
tak butuh waktu lama untuk membuat sebuah perubahan, tetapi apakah perubahan itu membawa dampak yang baik dan benar-benar dijalani dan diterima dengan baik oleh masyarakat atau tidak?, itu tergantung dari sosialisasi peran generasi muda saat ini, tentunya tidak terlepas dari peran Orang Tua-Tua kita, untuk terus mengawal gerak gerik generasi muda saat ini. Mengacu pada adat dan istiadat Negri tentunya, karena menurut saya, Sanksi adat lebih tinggi posisinya pada sebuah system pemerintahan kekerajaan kita ketimbang sanksi hukum Negara, sanksi adat lebih dipercaya dan ditaati karena masyarakat sendirilah yang telah menentukan sanksi-sanksi itu sendiri. Apalagi dengan berkurangnya kepercayaan masyarakat kini akan hukum Negara kita yang mulai menunjukan tidak konsistennya penegak hukum terhadap Undang-undang. Saat yang tepat untuk menegakkan kembali sanksi adat yang telah dibuat dan disepakati bersama, tentunya peran generasi mudalah yang ditonjolkan disini, sebagai kaum pewaris.
“Perjuangan belum usai”, mengutif dari salah satu Tokoh terinspirasi bagi Saya, Ir. Soekarno. Tentu bukan sebuah bahasa yang diutarakan hanya untuk sebuah renungan saja, akan tetapi sebuah dokma yang memang patut di hayati maknanya, bahwa selama waktu masih berjalan, selama itu pula perjuangan melawan penindas takkan pernah usai. “Musuh yang saya hadapi masih sangat mudah karena hanya mengusir penjajah, akan tetapi musuh yang akan kamu hadapi adalah yang sangat berat, karena yang akan kamu lawan adalah Bangsamu sendiri” (Ir. Soekarno). Menakar dari sisi berlawanan yang ada saat ini di Negri kita, patutkah kita sebagai kaum pewaris duduk berpangku tangan dan menyaksikan tongkat estapet  kita di perebutkan dan dipenuhi dengan hal-hal tak bijak yang kini terjadi, puas tidak? Mata Sang Wali-WaliULLah, kita buat berlinang airmata, hanya karena sebuah Ego ingin memiliki lebih dari yang ALLAH S.W.T, berikan. puas tidak? Para pemimpin-pemimpin bijaksana kita sebelum ini, ternodai darah dan pengorbanannya demi terwujudnya Negri Tamilouw yang kita Cintai ini. Munafik, Egoistis, Rakus, dan lain sebagainya yang ada saat ini. Entah dari segi mana ia melihat Negri kecil ini, kekayaankah?, kedudukankah?, saya sendiri juga bingung, tapi smoga tangan kecil ini, mendapat ridha dari Allah S.W.T, dalam perjuangan tiada batas, demi terwujudnya cita-cita kecil ini, amiinn….
Update selanjutnya, menunggu waktu luang saya, besar harapan saya, smoga ada komentar dari sudaraku sekalian, katakan apa yang ingin saudaraku sekalian ingin sampaikan, demi terwujudnya Tamilouw yang damai, sejahtera dan tenteram selamanya, agar suatu saat nanti, Tamilouw jangan hanya menjadi cerita dongeng tak nyata.
Wassalam….

0 komentar:

Posting Komentar

Pesan dengan makna yang tidak sopan tidak akan ditampilkan.....